;
Home » , » 17 Juni Seniman Nias Tampil di PKB

17 Juni Seniman Nias Tampil di PKB

Sebanyak 18 seniman dari Nias Selatan diundang oleh panitia Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-33 untuk menampilkan atraksi kebudayaan Nias dan akan tampil pada hari Jumat (17/6/2011). Ke-18 seniman dari Nias menjadi bagian dari 15.000 seniman dari 334 kelompok seni dari 16 provinsi di seluruh Indonesia, yang telah dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 3 Juni.

Hikayat Manaƶ, seniman Nias Selatan, menginformasikan hal itu kepada NBC lewat telepon seluler, Kamis (9/6/2011).

Menurut Hikayat, kedatangan rombongan seniman dari Nias ke PKB yang dilaksanakan di Taman Budaya Denpasar, Bali, di Jalan Nusa Indah, lebih kurang 2 kilometer ke arah timur dari pusat kota Denpasar, akan menampilkan maluaya (tari perang Nias), hombo batu (lompat batu), feta batu (musik batu), hoho (syair yang dilagukan), dan tari maena.

Saat dihubungi NBC, Hikayat dan kawan-kawan sedang mengadakan latihan di Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Nias Selatan di Telukdalam. “Kami sudah latihan sejak minggu terakhir Mei 2011. Meskipun belum maksimal, kami tetap berusaha menampilkan yang terbaik yang kami miliki," ujar Hikayat.

Selain ke-18 seniman, juga akan ikut beberapa pejabat dari Pemerintah Kabupaten Nias Selatan.

Masyarakat Nias menaruh harapan kepada duta budaya Nias ini (Hikayat cs) untuk menampilkan yang terbaik dan akan menjadi wahana untuk mempromosikan Nias kepada wisatawan mancanegara. Warga Nias yang berdomisili di Bali, Tafaewasi Wa’u, kepada NBC mengaku sangat senang dan bangga atas tampilnya kebudayaan Nias di Bali.

“Dengan acara ini, budaya Nias diperkenalkan ke dunia luar sehingga pariwisata Nias bangkit kembali dengan pendekatan budaya,” ujar Tafaewasi Wa’u kepada NBC. Hal yang sama juga diungkapkan oleh Agus Pieterson Sarumaha yang juga bertempat tinggal di Bali. [H]


Online

Artikel Menarik Lainnya: