;
Home » , , , , , , » Berita BalapSepeda: Tour de Singkarak Juga Untuk Evaluasi Tim Indonesia di SEA Games

Berita BalapSepeda: Tour de Singkarak Juga Untuk Evaluasi Tim Indonesia di SEA Games


Berita BalapSepeda: Tour de Singkarak Juga Untuk Evaluasi Tim Indonesia di SEA Games. Tour de Singkarak (TdS) 2011 sekaligus akan menjadi ajang evaluasi bagi penghuni pelatnas balap sepeda Indonesia yang dipersiapkan untuk berlaga di SEA Games tahun ini di Jakarta dan Palembang.


Ketua Umum PB ISSI Phenny Tanjung mengatakan, TdS dianggap layak untuk dijadikan ajang evaluasi karena memiliki jalur yang menantang. Bahkan dia menganggap sejumlah etape di TdS lebih berat apabila dibandingkan lokasi berlatih Pelatnas di Subang, Jawa Barat.


"Pasti akan ada degradasi, karena memang ini sudah direncanakan. Setelah ajang ini saya ingin tim terbentuk seratus persen, dari sebelumnya sekitar tujuh puluhan pembalap menjadi hanya lima puluh," tegas Phenny kepada wartawan di paddock Tim Nasional Prima dan Muda TdS 2011, Senin (6/6/2011).


Untuk TdS 2011, dari sekitar 70 pembalap yang berlatih di Timnas hanya 20 orang yang diturunkan. Itupun dibagi menjadi beberapa tim, yaitu 10 orang tergabung atas nama Tim Nasional Prima dan Muda, serta sisanya membela sejumlah klub asalnya.


Akan dilakukannya degradasi atlet penghuni pelatnas juga disampaikan pelatih khusus trek Roni Yahya. Mantan pembalap sepeda nasional yang pernah menghuni peringkat dua Asia ini menegaskan, degradasi akan dilakukan khususnya pada atlet specialisasi trek.


"Untuk itu saya sudah sampaikan ke pembalap, tunjukkan penampilan terbaik kalian, karena ini juga sebagai evaluasi atas apa yang sudah dilakukan di Pelatnas," tegas Roni kepada detiksport.


Selain degrarasi, Roni juga mengungkapkan, TdS 2011 juga akan dijadikan sebagai evaluasi untuk melihat progres atas pelatnas balap sepeda yang sudah dimulai sejak 7 Februari lalu.


"Kami akan lihat juga, bagaimana speed dan kemampuan fisik ditunjukkan atlet. Kami ingin hasilnya terus meningkat," tandasnya.


Secara terpisah salah satu atlet pelatnas Usman Ali mengatakan, dia baru mengetahui rencana adanya degradasi atlet pasca gelaran TdS. Meski demikian dia mengaku tak gentar dan siap menunjukkan yang terbaik untuk penampilannya.


"Di sini rute bisa dikatakan lebih baik dari lokasi Pelatnas, kalau memang dijadikan evaluasi tentu akan sangat bagus. Saya siap untuk tampil dengan kemampuan terbaik saya," kata Usman.


Artikel Menarik Lainnya: