;
Home » , , » Grup Kesenian Lima Negara Ikut Festival

Grup Kesenian Lima Negara Ikut Festival

 

Tujuh grup kesenian dari lima negara ikut ambil bagian memeriahkan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-33 yang akan berlangsung sebulan di Taman Budaya Denpasar, Bali, hingga 9 Juli 2011.

"Kelima negara itu adalah Jepang yang melibatkan tiga grup kesenian, serta Amerika Serikat, India. Malaysia dan Australia masing-masing satu grup kesenian," kata Gubernur Bali Made Mangku Pastika di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada pembukaan PKB ke-33 di panggung terbuka Ardha Candra Taman Budaya Denpasar, Jumat (10/6/2011) malam.

Presiden membuka resmi PKB sekaligus dimulainya acara Utsawa Dharma Gita (lomba pembacaan ayat-ayat suci agama Hindu) XI tingkat nasional dan "Bali World Culture Forum".

Presiden yang mengenakan busana adat Bali lengkap dengan destar (ikat kepala) didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu II, antara lain, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Menteri Agama Suryadharma Ali, serta Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik.

Gubernur Pastika mengatakan, khusus tim kesenian Malaysia, selain ikut dalam pementasan, juga tampil dalam pawai budaya bersama duta seni utusan dari delapan kabupaten dan satu kota di Pulau Dewata, yang akan dilaksanakan pada Sabtu (11/6/2011), mulai dari depan bangsal Jaya Sabha hingga Taman Budaya, tempat berlangsungnya aktivitas PKB.

Keikutsertaan seniman asing dalam PKB kali ini sama dengan jumlah PKB tahun sebelumnya yang juga melibatkan tujuh tim kesenian dari Jepang, India, Amerika Serikat, China, Australia, Spanyol, dan Singapura.

Gubernur Pastika mengakui, keikutsertaan grup seniman mancanegara dalam arena PKB setiap tahunnya bervariasi. Pada PKB 2009 tercatat 14 grup kesenian asing tampil pada aktivitas seni tahunan di Pulau Dewata.

"Pada PKB 2008 tercatat 18 grup dan PKB 2007 sebanyak 12 grup kesenian juga dari Jepang, Amerika Serikat, Singapura, India, Korea Selatan, Thailand, Inggris, dan Malaysia," katanya.

Gubernur Pastika menjelaskan, selain tim kesenian mancanegara, juga tercatat 24 grup kesenian dari 16 provinsi di Indonesia yang ikut menyemarakkan pesta tahunan seni di Pulau Dewata.

Ke-16 provinsi tersebut antara lain Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Lampung, Riau, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Jakarta, masing-masing tiga grup.

"Sedangkan Provinsi Nusa Tenggara Barat, Aceh, Sumatera Barat, Sulawesi Utara, dan Ternate masing-masing mengikutsertakan satu grup kesenian," katanya.

Kehadiran seniman asing ataupun grup kesenian dalam negeri mempunyai peran penting dalam memberikan warna terhadap pelaksanaan PKB.

"Selain itu, mampu menumbuhkan kerja sama dan kebersamaan, tukar-menukar pengalaman dan pengetahuan sebagai upaya memperkaya khazanah budaya bangsa," ujar Gubernur Pastika.


Online

Artikel Menarik Lainnya: