;
Home » , , , » ITB Gelar Festival Gamelan Internasional

ITB Gelar Festival Gamelan Internasional

Perkumpulan Seni Tari dan Karawitan (PSTK) Jawa Institut Teknologi Bandung (ITB) mengadakan Festival Gamelan Jawa Internasional dalam rangka HUT ke-40 PSTK ITB di Aula Timur Kampus ITB, Jalan Ganesha Kota Bandung, pada 11-12 Juni 2011.

"Tujuan pertama dari acara ini ialah untuk memperingati Tanggap Warsa 40 Tahun PSTK ITB, selain untuk memopulerkan kembali seni budaya gamelan di tengah derasnya arus globalisasi saat ini," kata Ketua Acara Tanggap Warsa ke-40 PSTK ITB, Teguh Wibowo, Jumat (10/6/2011).

Teguh mengatakan, ada dua grup gamelan dari luar negeri, yakni Malaysia (Sanggar Kirana Universitas Teknologi Petronas Malaysia) dan Singapura (Gamelan Asmarandana) yang akan ikut serta dalam acara ini.

Selain itu, masih ada sembilan penampil gamelan akan unjuk kebolehan dalam Festival Gamelan Internasional yang digelar oleh PSTK Jawa ITB itu.

"Kesembilan peserta yang dua di antaranya berasal dari luar negeri, yakni Singapura dan Malaysia, ini akan memperebutkan trofi dan sejumlah uang," kata dia.

Menurutnya, dua penghargaan yang akan diberikan, yakni penghargaan untuk penampil gending tradisional terbaik dan gending kontemporer terbaik.

Teguh menambahkan, kesembilan grup gamelan ini akan menampilkan dua pertunjukan, yakni gending tradisional dan gending kontemporer. Masing-masing peserta akan diberikan waktu maksimal satu jam untuk setiap penampilannya.

"Penilaian akan diberikan berdasarkan kreativitas yang dilakukan dari setiap peserta yang tampil," lanjutnya.

Festival Gamelan Jawa Internasional sendiri merupakan salah satu rangkaian acara dalam memperingati hari jadi ke-40 PSTK, setelah pada Maret lalu menggelar acara membatik di Kampus ITB.

"Kami menggelar Festival Gamelan untuk mengapresiasi mereka yang sudah memiliki grup gamelan, juga agar mereka bisa tampil bersama-sama," demikian Teguh.


Online

Artikel Menarik Lainnya: