;
Home » , » Self Band: Apa Pun Masalahnya, Tersenyumlah

Self Band: Apa Pun Masalahnya, Tersenyumlah

 


ADRIAN MOZESSelf Band (dari kiri ke kanan): Jali (gitar), Hendy (bas), Aswin (drum), Fadi (vokal), dan Riza (keyboard) di Kompas.com, Jakarta, 5 Mei 2011.


KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZESSelf Band--(dari kiri ke kanan) Jali, Aswin, Fadi, Hendy, dan Riza--tampil dengan musik akustik di Kompas.com, Jakarta, 5 Mei 2011.


Grup baru yang satu ini, Self Band, dihuni oleh Fadi (vokal), Hendy (bas), Rizal (gitar), Riza (keyboard), dan Aswin (drum). Mereka berharap bisa memberi inspirasi bagi publik lewat single pertama, "Lalui dengan Senyuman", yang menandai kemunculan grup pop alternatif  yang merupakan salah satu dari 10 finalis lomba band Indiefest 2010 itu.


"Kami sudah menyiapkan single 'Lalui Dengan Senyuman', yang artinya, apa pun masalahnya, itu harus dilalui dengan senyuman, supaya semuanya itu berjalan dengan baik," jelas Fadi.


Untuk mengajak publik tersenyum, Fadi, yang mewakili rekan-rekan Self Band-nya, mengatakan pula bahwa lagu tersebut bersifat universal. "Memang mengambil inspirasinya banyak, tapi untuk single yang ini kami sengaja mengambil yang bermanfaat buat orang banyak," tuturnya.


Proses menciptanya relatif singkat. "Untuk proses pembuatan, saya sendiri yang buat. Untuk aransemennya, sekitar tiga jam, dan proses recording-nya sampai dua hari. Buru-buru, dikejar waktu, sih enggak. Kebetulan saja prosesnya memang cepat," kata Fadi lagi. "Cepat, asal konsepnya matang, itu enggak apa-apa. Daripada cepat, tapi enggak matang," tekannya.


Petikan gitar akustik dipilih untuk mewarnai musik "Lalui dengan Senyuman". "Warna musik kami semi akustik, tidak minim distorsi. Konsep awal memang akustik. Dari awal bikin lagu, memang berangkat dari akustik," terangnya.


--

Artikel Menarik Lainnya: